Akademik, Medan438 Dilihat

Mencetak Cendikia ala Pusat Studi Moderasi Beragama UIN SU

gardamedannews.com – Medan, Sikap dan semangat membangun toleransi terus dikemas. Kampus pun dipersiapkan mencetak calon cendekiawan, diharapkan menjadi model bagi masyarakat tentang toleransi.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara yang dicanangkan sebagai Pusat Studi Moderasi Beragama, belum lama ini menggelar diskusi virtual berbentuk focus group discussion melalui “zoom meeting” antara pengelola Program Doktor Prodi Akidah dan Filsafat Islam dan cendikiawan UIN Sumatera Utara dengan pihak Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera. Diskusi tentang toleransi beragama di kampus-kampus di Sumatera.
Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Jessica Panchatha menjadi pelaksana tugas diskusi toleransi diprakarsai Program Doktor Akidah dan Filsafat Islam.
Prof Dr Katimin MAg, Ketua Program Doktor Akidah dan Filsafat Islam mengungkapkan, fokus dalam diskusi terkait peranan UIN Sumatera Utara.

“Kampus sebagai perguruan tinggi yang akan mencetak calon cendekiawan tentunya diharapkan menjadi model bagi masyarakat tentang toleransi, yakni menjadi cendikiawan yang mempunyai sikap toleransi, cinta kepada sesama, berjiwa nasionalisme, patriotisme dan bela Negara,” kata Katimin.

Kemudian, Sumatera Utara sebagai provinsi yang majemuk akan rentan terhadap terjadinya intoleransi. Sementara itu para pendiri bangsa telah sepakat untuk membangun Indonesia sebagai negara yang menjamin kemajemukan.
“Penting dirumuskan konsep toleransi beragama dibangun dan dikembangkan di UIN Sumatera Utara sebagai Pusat Studi Moderasi Beragama,” katanya.
Dikatakan, bahwa mahasiswa UIN Sumatera Utara tidak saja dari kalangan muslim, bidang ilmunya sudah beragam (agama dan sains), bahasa dan suku asal mahasiswa beraneka ragam. “Banyak yang berasal dari mancanegara dan bahkan kalangan mahasiswa muslim dilatarbelakangi paham keagamaan yang beragam juga” katanya.

Peserta diskusi ini dari Program Doktor Akidah dan Filsafat Islam dan UIN Sumatera Utara adalah, Prof. Dr. Amroeni, M.Ag, Dekan FUSI, Prof. Dr. Muzakkir, M.Ag, Wakil Dekan FUSI Bidang Kemahasiswaan, Prof. Dr. Katimin, M.Ag, Ketua Prodi S3 Akidah Filsafat Islam, Dr. Abrar Dawud, MA, Sekretaris Prodi S3 Akidah Filsafat Islam, Dr. Ziaul Haq, MA, Ketua Prodi S2 Ilmu Hadis, Dr. Indra, MA, Ketua Prodi S1 Studi Agama-agama, Dr. Elly Warnisyah Hrp, M.Ag, Ketua Prodi S2 Pemikiran Politik Islam dan Muhammad Jailani, MA, Sekretaris Rumah Moderasi Beragama UIN Sumatera Utara. *