Memutihkan Ketiak Hitam dengan Jeruk Nipis

Health, Style298 Dilihat

Gardamedannews.com-MEDAN. Ini ada sejumlah trik untuk memutihkan ketiak yang menghitam. Sebab, sebagian orang agak risih dan tidak percaya diri jika ketiaknyahitam. Salah satu trik untuk memutihkannya adalah dengan memanfaatkan jeruk nipis.

 

Ketiak hitam atau menghitam bisa berasal dari banyak hal, seperti masalah kesehatan atau gaya hidup tertentu.Melansir Healthline, penyebab ketiak ketiak hitam, antara lain: Gangguan kelenjar adrenal, Penyakit diabetes, Obesitas

Hiperpigmentasi, Iritasi deodorant, Infeksi bakteri, Mencukur bulu ketiak tidak pas, Penumpukan sel kulit mati.

 

Tak sedikit rang memilih cara memutihkan ketiak hitam secara alami. Salah satu yang cukup populer yakni menggunakan buah sitrus seperti jeruk nipis dan lemon.

Buah sitrus ini kerap digunakan sebagai pemutih alami untuk mengatasi masalah kulit yang menghitam lantaran praktis dan mudah didapat.

 

Inilah cara memutihkan ketiak hitam dengan jeruk nipis yang bisa dijajal di rumah:

Potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian, Oleskan air perasan jeruk nipis ke bagian ketiak yang menghitam. Diamkan selama 10 menit, baru bilas jeruk nipis dengan air dingin sampai bersih. Keringkan bagian ketiak yang sudah bersih sampai tuntas. Berikan pelembab untuk mencegah iritasi.

 

Walaupun sekilas terdengar menjanjikan, tidak semua orang bisa menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan ketiak hitam. Melansir Huffpost, ketiak hitam yang disebabkan masalah medis tak bisa diatasi dengan jeruk nipis.Untuk memutihkan ketiak hitam terkait masalah kesehatan tertentu, penderita perlu terlebih dahulu mengatasi masalah kesehatan mendasarnya.

 

Mengoleskan jeruk nipis atau lemon ke ketiak yang menghitam rentan menimbulkan efek samping seperti alergi dan iritasi. Melansir Health, buah sitrus seperti jeruk nipis dan lemon mengandung psoralens. Bahan alami ini membuat kulit lebih peka terhadap paparan cahaya.Tak pelak, setelah diolesi jeruk nipis, kulit jadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari.Dampaknya, kulit ketiak bisa kemerahan sampai melepuh karena iritasi. Dalam dunia medis, kondisi ini disebut phytophotodermatitis. Bun