Langkah-langkah Mencegah Penuaan Dini

Gardamedannews.com-MEDAN- Gejala penuaan dini, bagi sebahagian orang akan menjadi masalah tersendiri.Makin bertambahnya usia, permasalahan penuaan dini akan semakin terlihat. Beberapa di antaranya garis-garis halus, pigmentasi, perubahan warna kulit, tekstur yang tidak rata hingga kerutan. Tanda-tanda penuaan tersebut, biasanya mulai muncul di usia 20, 30 dan akan semakin terlihat saat menginjak 40 tahun.

Mungkin bukan hanya faktor usia. Meningkatnya tingkat polusi, stres, peningkatan konsumsi cahaya biru, gizi buruk dan kurangnya perawatan diri juga memicu penuaan dini.

Seperti yang dikutif dari Times of India, berikut ini langkah-langkah perawatan sesuai dengan usianya. Supaya tanda-tanda penuaan tak mudah datang, dan wajah terlihat awet muda.

Usian 20-an

Yang perlu Anda lakukan mencegah penuaan sejak dini, bukan mengkhawatirkannya. Akan tetapi perhatian utama pada kelompok usia ini adalah jerawat, pigmentasi, komedo, kulit berminyak dan kusam yang sering terjadi akibat perubahan hormonal dalam tubuh.

Di usia tersebut dianjurkan untuk mengonsumsi, dan melakukan gaya hidup sehat. Tak lupa memberikan perawatan dari luar juga sangat penting. Sebelum beraktivitas oleskan tabir surya, kemudian pelembap agar kulit Anda tetap terjaga. Serta tidak mudah terbakar oleh paparan sinar matahari, serta kulit tetap terhidrasi.

Usia 30-an

Saat memasuki usia 30-an, Anda perlu memerhatikan perawatan. Jangan takut terlambat, Anda bisa menggunakan skincare yang sesuai dengan jenis kulit, atau konsultasi ke dokter.Pada usia tersebut, biasanya peradangan pada kulit mulai timbul. Apalagi ditambah dengan gaya hidup yang buruk, serta kekurangan nutrisi yang mengakibatkan kulit mudah rusak.

Usia 40-an

Pada usia ini termasuk paling rentan, karena perubahan akan terasa cepat jika Anda tidak merawat kulit sejak dini. Kulit kendur, flek hitam, kerutan hingga kulit kering akan semakin terasa.Oleh karenanya Anda perlu perawatan khusus, supaya kulit tetap nampak segar meski di usia yang terbilang tak muda lagi. Ind