Habib Nasution, Atlit Legendaris Sumut Divonis 1 Bulan Penjara

Hukum, Kriminal, Nasional329 Dilihat

Gardamedannews.com-MEDAN- Atlit renang legendaris asal Sumatera Utara, Habib Nasution, yang kini telah berusia sepuh, 81 tahun, harus meringkuk di balik terali besi. Hakim Pengadilan Negeri Medan, Senin (17/5) menjatuhkan hukuman 1 bulan penjara karena terbukti bersalah dalam kasus pemalsuan surat terkait jual belin ruko di Jln Mesjid, Kesawan, Medan.

 

Ketika menghadiri sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Medan, lelaki yang pernah menyabet dua medali perunggu di ajang Asian Games III tahun 1958 di Tokyo ini tampak jalan terbungkuk-bungkuk.Habib Nasution membawa tongkat untuk sekedar menopang tubuhnya.

 

Saat mendengarkan putusan hakim, lelaki yang pernah mengharumkan nama Sumatera Utara di kancah dunia ini terlihat serius menatap hakim.Namun, karena faktor usia, Habib Nasution tidak begitu paham dengan isi putusan yang dibacakan hakim ketua Ali Tarigan.

 

“Apakah saudara mengerti dengan putusan ini,” tanya hakim.Menjawab pertanyaan itu, lelaki yang tinggal di Jalan Setia Budi, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang ini sempat diam sejenak.Dia kemudian mengaku kurang begitu paham dengan seluruh uraian putusan tersebut.

 

Hakim memberi Habib Nasution waktu tujuh hari untuk menentukan langkah hukum terhadap putusan hakim. Dalam sidang tersebut, Habib Nasution dijatuhi hukuman satu bulan penjara.Lelaki yang pernah menempati peringkat ke 7 dalam olimpiade Melbourne 1965 itu dianggap terbukti melakukan pemalsuan sebagaimana Pasal 385 ayat (1) KUHPidana. Bun