Sinabung Erupsi, Kota Medan Hujan Abu

Gardamedannews.com-MEDAN- Masyarakat Medan harus hati-hati.Gunung Sinabung di Kabupaten Tanahkaro kembali erupsi pada Rabu (19/5) sekira pukul 04.48 WIB. Belakangan, erupsi Gunung Sinabung ini membawa dampak terhadap Kota Medan. Sejumlah wilayah di Kota Medan dihujani abu pekat.

 

Contohnhya saja di kawasan Kecamatan Medan Johor. Sejak pukul 07.00 WIB tadi, permukiman warga diguyur abu.Tanaman, rumah, hingga kendaraan warga diselimuti abu berwana putih keabu-abuan.

 

” kira-kira jam 07.00 WIB tadi lumayan pekat. Secara kasat mata, tampak debunya terbawa angin,” kata Teguh, warga Kecamatan Medan Johor, Rabu.Teguh mengatakan, lantaran debu yang jatuh ke permukiman warga ini cukup pekat, masyarakat lebih memilih berdiam diri di rumah.

 

Teguh menjelaskan sejumlah orang tua meminta anak-anaknya untuk masuk ke dalam rumah, lantaran khawatir debu berdampak pada kesehatan.”Takut juga orang tua anak-anaknya sakit. Debu pekat ini kan bisa mengganggu pernafasan kita,” katanya.

 

Karena Teguh kerap beraktivitas di luar rumah, dia pun tetap memilih memakai masker. Apalagi saat ini situasi masih dilanda pandemi Covid-19.Jika paru-paru terpapar debu dan menyebabkan gangguan kesehatan, kata Teguh, bisa saja virus Covid-19 dengan mudah menyerang. “Bahaya juga kan kalau tidak pakai masker,” katanya. Sementara itu, berdasarkan keterangan petugas pengamat Gunung Sinabung Armen Putra, tinggi kolom abu saat erupsi mencapai 3.500 meter. Debu terbawa angin ke arah timur dan selatan.Tbn