PKS: “ Suara Mahasiswa Itu jujur, Nggak Usah Baper”

Gardamedannews.com- JAKARTRA- Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mendukung kritik yang disampaikan BEM UI. “Mahasiswa penjaga hati nurani bangsa, suara mahasiswa jujur,” kata Mardani kepada wartawan, Senin (28/6).

“Semua pihak mesti melihatnya sebagai bagian dari proses pematangan peran kepemimpinan para mahasiswa. Dan enggak usah baper (bawa perasaan) semua pihak,” imbuhnya.

Anggota Komisi II DPR RI itu mengimbau tak perlu menanggapi berlebihan kritik dan suara mahasiswa tersebut. Namun, Mardani mengingatkan agar jangan sampai ada aksi mahasiswa yang justru destruktif. “Semua punya hak bersuara, tetapi jangan ada aksi yang destruktif,” pungkas Mardani.

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) Leon Alvinda memberikan penjelasan soal postingan organisasinya, yang menjuluki Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai The King of Lip Service.

Leon mengatakan, postingan itu bertujuan untuk mengingatkan sang presiden terkait segala perkataan yang telah diucapkan. Menurutnya, selama ini, apa yang telah disampaikan Jokowi tak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

“Sebenarnya infografis yang dibuat oleh brigade UI, organ taktis dibawah BEM UI, itu kami ingin mengingatkan bapak Presiden kita untuk bisa memastikan perkataan-perkataan yang beliau sampaikan sesuai dengan realita di lapangan.”

“Kami melihat banyak sekali kontradiksi antara perkataan beliau dengan apa yang terjadi di lapangan,” ucap Leon. Salah satu perkataan Jokowi tak sesuai dengan realita menurut Leon, yakni ucapan Jokowi yang rindu didemo.

Kenyataannya, lanjut Leon, banyak aksi represif dilakukan kepada mahasiswa, saat melakukan duara dan aksi demo. Ia mencontohkan, aksi demo mahasiswa ketika peringatan hari buruh 1 Mei. “Misalnya, pertama, terkait pernyataan bahwa beliau rindu didemo. Sayangnya, banyak sekali represifitas yang terjadi ketika kami melakukan demo.”

“Contohnya, pada tanggal 1 Mei, lebih dari 160 mahasiswa mengalami represifitas ketika melakukan aksi hari buruh di jakarta,” jelas Leon. Tbn