Presiden Jokowi Sidak Apotik, Ternyata Semua Obat Covid Kosong

Gardamedannews.com- JAKARTA- Presiden Jokowi, Jumat (23/7) mendadak beli obat ke apotik Villa Duta di Bogor Timur, Bogor, Jawa Barat. Tetapi malang, obat yang akan dibeli Jokowi ternyata habis. Padahal obat yang akan dibelinya itu adalah sejumlah obat yang diperlukan untuk penderita covid-19.

Apoteker di apotek Villa Duta, Herli mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo mencari sejumlah obat. Daftar obat yang dicarinya tersebut ditulis dalam secarik kertas. “Beliau mencari oseltamivir, gentromicyn, favipiravir, dan multivitamin yang sekarang banyak dipakai orang yang telah terpapar Covid,” katanya.

Obat-obatan tersebut tidak ada tersedia.Menurutnya sudah hampir satu bulan obat obatan tersebut tidak tersedia. “Kebetulan sekarang semuanya tidak ada, beliau hanya tanya itu aja,” katanya. Mengetahui apa yang dicari tidak ada di apotek tersebut, Presiden Joko Widodo pun membeli sejumlah vitamin.

“Vitamin D, kebetulan vitamin D1000 yang ada di sini jadi itu aja yang ada, sama Zegavit untuk penggantinya multivitamin B, karena beliau tanya multivitamin apa yang ada selain itu,” ujarnya.

Presiden Joko Widodo pun langsung meninggalkan lokasi. Herli mengatakan memang sejumlah obat saat ini susah didapat. “Iya sekarang ini banyak resep obat Covid yang orang cari, tapi kebetulan ketersediaan di kami sedang kosong karena memang terkendala dari distributornya tidak ada,” katanya.

Kemungkinan besar Presiden Jokowi ini sedang mengecek langsung bagaimana ketersediaan obat Covid-19 di sejumlah apotek.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperluas jangkauan penggunaan layanan Telemedicine di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali. Namun, penggunaan layanan Telemedicine ini baru menjangkau skala perkotaan.

Obat Telemedicine mencakup layanan konsultasi dan pengiriman obat gratis bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Sebelumnya, layanan Telemedicine sudah diujicobakan di DKI Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Pada saat ini penggunaan layanan Telemedicine diperluas lagi, antara lain Karawang, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kota Yogyakarta, Kota Surabaya, Kota Malang, dan Kota Denpasar. Adapun 11 platform Telemedicine di Indonesia yang bekerja sama dengan Kemenkes antara lain:1. Halodoc 2. YesDok 3. Alodokter 4. Klik Dokter 5. SehatQ 6. Good doctor 7. Klinikgo 8. Link Sehat 9. Milvik 10. Prosehat 11. Getwell. Bun