598 Dokter Gugur karena Covid, 41 Orang dari Sumut

Gardamedannews.com- MEDAN- Selama pandemi, Indonesia banyak kehilkangan dokter. Di bulan Juli 2021 ini saja sudah 167 dokter yang gugur karena terpapar covid-19. 41 di antaranya dari Sumatera Utara. Jumlah total dokter yang gugur karena terpapar covid sebanyak 598 dokter.

Data ini diambil dari Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) hingga Rabu (28/7), ada 167 dokter yang gugur setelah terinfeksi Covid-19 pada periode Juli. Sementara jumlah dokter yang meninggal sejak pandemi covid-19 melanda Indonesia, total sudah mencapai angka 598 dokter.

Korban terbanyak berasal dari DKI Jakarta 92 orang, kemudian Jawa Tengah dan Jawa Barat. Adapun dokter di Sumatera utara (Sumut) yang gugur akibat covid-19 berjumlah 41 orang. Ketua Pelaksana Harian Tim Mitigasi PB IDI Mahesa Paranadipa mengkhawatirkan kondisi yang terjadi saat ini.

“Dikhawatirkan akhir bulan ini mencapai 600 orang sejawat yang gugur,” kata Mahesa dalam diskusi secara virtual, Rabu. Mahesa mengatakan, dari jumlah tersebut, mayoritas adalah dokter umum yaitu sebanyak 319 orang dan 5 di antaranya merupakan guru besar. Kemudian, 270 dokter spesialis dan 29 orang di antaranya merupakan guru besar.

“Dari statistiknya dokter umum dengan jumlah kematian terbanyak, dan penambahan ini satu demi satu ini membuat kita tak bisa tidur,” ujarnya. Lebih lanjut, Mahesa mengatakan, jumlah dokter yang gugur berdasarkan wilayah paling banyak terjadi di Jawa Timur tercatat 127 orang.”Kemudian, DKI 92 orang, Jawa Tengah sebanyak 89 orang, Jawa Barat 83 orang, dan Sumatera Utara 41 orang,” ucap Mahesa. Tbn