Surat Pembaca

Akademik, Hukum, Medan405 Dilihat

Assalamualaikum Wr Wb

Harapan dan doa kami, semoga Bapak dalam keadaan sehat serta sukses menjalankan kegiatan jurnalistiknya sehari-hari. Amiiin.

 

Bersama ini saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama                             : Alihot Sinaga

NIK                             : 1277062603900001

Tempat/Tanggal Lahir  : Parandolok, 26 Marel 1900

Agama                         : Islam

Bangsa                         : Indonesia

Surel                            : Alihot621@gmail.com

Ponsel/WA                   : 081360107321

Alamat Sekarang         : Komplek Griya Makmur 2, JI. Pembangunan, Desa Kolam Kec. Percut Sai Tuan, Kabupaten Dell Serdang Sumatera Ulara 20371

Menyampaikan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Bahwa nama PT Garda Medan Mandiri sebagaimana tercantum pada bok redaksicom tidak ditemukan dalam daftar Badan Hukum yeng mendapat pengesahan Dirjen AHU Kamenkum & HAM I RI yang dapat deketahui secara online pada website https //ahu.go.id/pericarianl6akurn/cariltipa/oarseroan1nama=PT+GARDA*MF.DAN*MANDIRI sebageimana dikehendaki Undang Undang Nomor 40 Tehun 1999: ”Perusahaan pers adalah Badan Hukum Indonesia yang menyelenggarakan usaha pers meliputi perusahaan, media cetak, media elektronik dan kanor berita, serta perusahaan media lainnya yang. secara khusus menyetenggarakan, menyiarkan, atau menyebarkan informasi.
  2. Bahwa patut diduga gardamedannews.com belum memiliki Badan Hukum perusahaan penyelenggara yang mendapat pengesahan Dirjen AHU Kemenkum HAM RI dan Dewan Pers dalam surat Nomor:728/DP-K/VIII/2021 bertanggal Jakarta 4 Agustus 2021 menyatakan Gardamedannews.com BELUM TERVERIFIKASI di Dewan Pers, maka bukan tidak mungkin serangkaian berita-berita dimaksud dapat digugat dengan Undang-undang RI Nomor 19 tahun 2016 tentang perubahan atas undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
  3. Bahwa Dewan Pers menerbitkan surat nomor: 728/DP-K/VIII/2021 bertanggal Jakarta 4 Agustus 2021 Prihal: Penyelesaian Pengaduan, terhadap serangkaian berita yang dimuat gardamedannews.com, berjudul (berdasar waktu unggahan):
    • “Teror Gerakan Senyap Berambisi Jadi Plt Rektor UIN Sumut”, yang diunggah 13 Juli 2021.
    • “Konspirasi Tiga Geng Fitnah Rektor UIN Sumut Demi Plt, yang diunggah 14 Juli 2021.
    • “Demi Plt Keluarga Rektor UIN Harus Dihabisi”, yang diunggah 15 Juli 2021.
    • “Kudeta Sadis di UIN Sumut, Prof Syahrin! Sikat Habis si Gila Plt, diunggah 16 Juli 2021.
    • “Geng Jakarta Putus Asa, Oknum Gila Plt Rektor UIN Sumut Panik”, diunggah 17 Juli 2021.
    • “Forum Alumni Desak Rektor UIN Sumut Depak Oknum Gila Plt”, diunggah 27 Juli 2021.

 

  1. Bahwa saya sebagai pembaca memang tidak terdampak langsung atas pamberitaan, namun saya memiliki Hak Koreksi atas berita-berita sebagai bentuk peran serta masyarakat sebagaimana disebutkan dalam Pasal 17 Undang-.Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, dan Media Siber Gardamedannewfi.com wajlb melayanl Hak Koreksl Tersebut sebagaimana disebutkan peda Pasef 5 ayat (3) Undang-Undang tersebut.
  1. Bahwa sebagai pembaca saya menyampaikan Hak Koreksi terhadap serangkaian barita-barila sebagaimana terurai pada point 3 (tiga) surat ini, sebagal berikut:

a.Menurut hemat.saya sebagal pembaca dan sebagai alumni Universitas islam Negeri Sumatara Ulara (UINSU), barita-berita yang disajikan tersebut sangat bertentangan dengan Undang-Undang RI Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, Pasal 7 (ayat 2) “Wartawan memilikl dan menaati Kode Etik Jumallstik”.

b.Berita-berita itu hanya menginfomasikan upaya.oknum-oknum yang disebut sebagai orang yang berambisi menggantikan Rektor Universitas Negeri (UIN) Medan Prof. Syahrin Harahap untuk menjadi Pelaksana Tugas {PLT) Rektor UIN Medan.Sepâk terjang oknum-oknum ini digambarkan dalam rangkalan berita tersebut dan sikap.alumni UIN Sumut terkait gerakan oknum tersebut Gardamedannews.corn tidak menyebutkan secara kasatria dan jelas nama maupun inisial oknum dimaksud, kecuali ‘oknum-oknum” yang  berada di lingkaran Rektor UIN.Sumatera Utera, sehingga patut diduga berlta- berita tersebut sarat dengan pesanan Rektor UIN Sumut dan dapat mambunuh karakter seseorang yang menjadi maksud serangkaian berita tersebut.

c.Pola pemberitaan seperti ini justru secara tidak sadar memungkinkan membangun opini negatif in Harahap, MAdan tidak konstruktif bagi kepemimpinan Rektor UIN Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA.

  1. Bahwa saya menyarankan berita-berita dengan pola sebagaimana serangkaian berita terurai di atas oleh Pimpinan Redaksi/Penanggungjawab gardamedannews.com lebih selektif mempertimbangkan penayangannya di masa mendatang.

Ctt Redaksi: Trims telah menjadi pembaca setia gardamedannews.com