Pakai Sarung, Jokowi Buka Muktamar ke-34 NU di Lampung

Gardamedannews.com-LAMPUNG-Presiden RI, Joko Widodo, Rabu (22/12) secara resmi membuka Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) yang dipusatkan di Pondok Pesantren Darussaadah, Kecamatan Gunung Sugih, Kabupaten Lampung Tengah.

Kontributor Gardamedannews.com di Lampung melaporkan, dalam sambutannya Jokowi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada NU yang telah membantu pemerintah dalam menangani wabah covid-19, dan mensukseskan program vaksinasi. “ Saya juga menyampaikan terima kasih kepada NU yang telah menbgawal kebangsaan,toleransi dan kemajemukan,” kata Jokowi yang mengenakan sarung dan jas berwarna abu-abu.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menggelar Muktamar Ke-34 NU mulai Rabu dan berakhir pada Jumat (24/12) pagi dengan sejumlah agenda, mulai dari pembukaan, rapat komisi-komisi, dan ditutup dengan penetapan ketua umum baru.

Ketua Panitia Pelaksana Muktamar Ke-34 NU Imam Aziz menjelaskan, setelah pembukaan, peserta muktamar akan melanjutkan kegiatan dengan mengikuti sidang tata tertib dan laporan pertanggungjawaban di Gedung Serbaguna (GSG) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung sejak sore hingga malam. Setelah itu, ditutup dengan pengumuman pembagian komisi sidang.

Kegiatan berlanjut pada Kamis dengan agenda sidang komisi. Sidang ini akan dilaksanakan lebih singkat dari muktamar-muktamar sebelumnya mengingat adanya keharusan menjaga prokes. Sidang komisi ini dijadwalkan mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB.

Kegiatan dilanjutkan pada siang hingga sore hari dengan agenda pengesahan sidang-sidang komisi, kemudian penghitungan dan penetapan ahlul halli wal aqdi (AHWA).

Sistem pemilihan AHWA diterapkan dengan harapan dapat memperkuat kembali supremasi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).Pada malam harinya dilanjutkan pengesahan Rais Aam PBNU dan puncaknya yakni pemilihan dan penetapan Ketua Umum PBNU periode 2021-2026 di Ponpes Darussa’adah. Fay