Senam Tera Indonesia Peng. Prov. Sumut Dibentuk, Senator H. Muhammad Nuh Ditunjuk Sebagai Ketua

Garda Medan – Medan, Anggota DPD RI yang juga Senator asal Sumatera Utara H. Muhammad Nuh, MSP mulai memantapkan penyusunan kepengurusan setelah ditunjuk sebagai Ketua Pengurus Provinsi Senam Tera Indonesia (STI) Sumatera Utara oleh Ketua Umum Pengurus Nasional Dr. Nono Sampono, MSI. Hal itu Berdasarkan SK Penunjukan Dirinya yang diterbitkan 28 November Tahun 2021 yang lalu.

Dalam Pertemuan awal disalah satu ruangan Sufis Kopiwork dengan beberapa Calon Pengurus H. Muhammad Nuh bertekad memasyarakatkan Senam Tera untuk kesehatan warga Sumatera Utara, Beliau mengungkapkan, salah satu program penting Pengurus STI Sumatera Utara ke depan adalah mengenalkan Senam Tera ke semua lapisan masyarakat sehingga semakin banyak orang atau keluarga mempraktikkan Senam Tera. Untuk mewujudkan itu, kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat termasuk pemangku kepentingan menjadi kuncinya. Oleh karena itu, lanjutnya, berbagai relasi dengan berbagai pemangku kepentingan diintensifkan. Dari berbagai relasi ini akan tercipta kerja sama untuk memasyarakatkan Senam Tera, terutama di Provinsi Sumatera Utara. (11/2/2021)

H. M.Nuh mengungkapkan, visi STI yaitu terwujudnya keluarga Indonesia yang sehat, bugar, dan gembira; terpeliharanya masyarakat yang tenteram, damai, dan bahagia; dan terciptanya sikap, perilaku, dan lingkungan yang indah, adalah sebuah visi yang sangat baik. Setelah iman dan takwa, kesehatan adalah yang paling penting dan mendasar yang harus dijaga dan diteguhkan oleh semua insan.

“Kesehatan adalah salah satu dasar dalam keberlangsungan sebuah bangsa. Kesehatan adalah sumber utama terpeliharanya masyarakat yang bahagia. Kita akan berupaya meningkatkan derajat dan kualitas kesehatan masyarakat khususnya Sumatera Utara. Saya merasa bersyukur dipercaya menjadi bagian dari sebuah organisasi yang mempunyai cita-cita yang sangat mulia ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Senam Tera merupakan latihan fisik dan mental, memadukan gerakan bagian-bagian tubuh dengan teknik dan irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran yang dilaksanakan secara teratur, serasi, benar dan berkesinambungan. Senam ini bersumber dari senam pernapasan Tai Chi yaitu senam yang mempunyai dasar olah pernapasan yang dipadukan seni bela diri, yang di Indonesia dikombinasikan dengan gerak peregangan dan persendian jadilah sebagai olahraga kesehatan. Secara resmi pertama kali senam ini mulai berdiri pada 12 November 1985 dan hingga saat ini anggotanya sudah menyebar ke seluruh wilayah Indonesia. (Red)