Rektor UIN Sumut Batalkan Pagelaran “UINSU Ramadhan Festival 2022”

Gardamedannews.com-MEDAN- Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA, membatalkan pelaksanaan “UINSU Ramadhan Festival 2022” yang rencananya akan digelar 8-29 April 2022 di Kampus UIN Sumut Jalan Sutomo Medan.

Pembatalan ini, kata Prof. Syahrin, selain pertimbangan pandemi covid-19, juga yang terpenting adalah merujuk Surat Edaran Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas No.08 Tahun 2022 tanggal 29 Maret 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah Pada Bulan Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1443 H/2022 M.

Dalam Butir E (Ketentuan) nomor 5 tertulis, “Pejabat dan Aparatur Sipil Negara dilarang mengadakan atau menghadiri kegiatan buka puasa bersama, sahur bersama, dan/atau open house Idul Fitri, “. Point inilah yang menjadi dasar kuat Rektor Prof. Syahrin membatalkan kegaiatan UINSU Ramadhan Festival, sekaligus membubarkan panitia yang telah terbntuk beberapa hari lalu.

“ Kegiatan itu kita batalkan. Sebab, Menteri Agama  sudah mengeluarkan edaran yang melarang pejabat mengadakan buka bersama. Sedangkan acara itu direncanakan setiap  harinya diadakan buka bersama, “ tegas Prof. Syahrin, Selasa (5/4/2022).

Pembatalan ini mendapoat respon positif dari semua pihak. Ketegasan Rektor Prof. Syahrin itu menunjukkan tingkat kepatuhan Rektor terhadap atasannya, Menteri Agama RI. Selain itu, keputusan Rektor Prof. Syahrin memberikan kesan bahwa UIN Sumut cukup perhatian terhadap dampak pandemi covid-19. “ Kami setuju dengan pembatalan itu, “ ujar Anggi, salah seorang pelaku UMKM yang sudah mendaftar untuk kegiatan itu.

Melalui tayangan iui, Panitia UINSU Ramadhan Festival 2022 juga memohon maaf atas pembatalan ini. Dan, jika keadaan sudah berubah, panitia berjanji akan melaksanakan kegiatan ini pada Ramadhan tahun depan. “ Semoga kita bisa mengambil hikmahnya, dan semoga keadaan cepat berubah, “ tegas Dr. Solahuddin Harahap, MA, salah seorang panita. Sat