Hasil Urunan Warga, Tembok Penahan Banjir GMI 3 Rampung Dibangun

Gardamedannews.com- MEDAN- Akhirnya tembok pembatas perumahan Grand Mutiara Indah (GMI) 3 Tumpatan Nibung, Batang Kuis, Deli Serdang, Rabu (6/4/2022) selesai dibangun. Tembok hasil urunan warga perumahan ini berdiri setinggi satu meter lebih.

Tembok ini dibangun cepat karena warga GMI 3 cukup marah dengan pengembang yang meruntuhkan tembok tersebut. Padahal, tembok itulah satu-satunya penahan curahan air dari luapan sungai yang berada di belakang perumahan GMI 3.  Pengembang Mis meruntuhkan tembok itu karena ia membangun perumahan persis di belakang GMI 3 dan mengambil akses jalan dari GMI 3. Belakangan diketahui, perumahan yang dibangun Mis itu, tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Perumahan GMI 3 Dua Kali Direndam Banjir Parah
Karangan bunga yang dipajang bentuk kekecewaan warga GMI 3

Akibat diruntuhkannya tembok itu, selama dua bulan terakhir, perumahan GMI 3 direndam banjir parah yang berasal dari luapan air sungai. Banjir teranyar terjadi pada Minggu (3/4/2022), pada awal Ramadhan, yang menggenangi rumah warga mencapai 60 Cm.  Warga menderita kerugian  ratusan juta rupiah akibat barang-barang rumah tangga dan elektronik hancur direndam banjir. Tragisnya, pihak pengembang tak mau tahu penderitaan warga.

Untuk mengantisipasi banjir terulang,  seluruh warga GMI 3 mengadakan rapat pada Selasa (5/4/2022). Hasilnya, semua warga sepakat tetap mempertahankan berdirinya tembok itu, walau apapun tantangan dan resikonya. Warga tak mau lagi bernegosiasi dengan pengembang, yang dinilai selama ini telah menipu warga.

Sebelumnya, persoalan baniir di perumahan Grand Mutiara Indah (GMI) 3, di Tumpatan Nibung, Batang Kuis, Deli Serdang  berbuntut panjang. Selain warga tetap ngotot membangun tembok penahan baniir, akhirnya ketahuan juga bahwa perumahan baru yang dibangun pengembang di belakang perumahan GMI 3, ternyata tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kepastian tidak memiliki IMB itu diketahui saat pihak Kecamatan Batang Kuis, turun ke lokasi, Selasa (5/4/2022). Dalam pertemuannya dengan warga GMI 3, Hotma Gaja, dari pihak Kecamatan Batang Kuis, mengatakan pihak pengembang, Mis, sampai saat ini belum mengurus IMB.  “ Ya, pengembang membangun perumahan tanpa memiliki IMB, “ jelas Hotma Gaja di hadapan warga GMI 3.

Karena itu, warga GMI 3 mnendesak pihak Pemkab Deli Serdang, terutama Camat Batang Kuis, untuk segera merubuhkan semua bangunan rumah yang telah dibangun pengembang. “ Pihak pengembang ini jelas-jelas telah menipu Pemkab Deli Serdang dan masyarakat sebagai konsumen, “ ujar salah seorang warga. Tar