WR IV UIN Sumut Harus Maksimalkan Kerjasama dengan Pemkab

WR IV UIN Sumut Harus Maksimalkan Kerjasama dengan Pemkab
Rektor UIN Sumut Prof. Syahrin dan WR IV Dr. Maraimbang Daulay MA saat pelantikan WR IV

Gardamedannews.com- MEDAN- Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Medan, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, MA meminta kepada Wakil Rektor IV untuk memaksimalkan kerjasama dengan seluruh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di Sumatera Utara. Selain itu, harus mempersiapkan kerjasama dengan Negara Amerika, Eropa, Timur Tengah dan China.

“ Iji tugas utama yang harus dilakukan WR IV sesegera mungkin, “ tegas Prof. Syahrin usai melantik Dr. Maraimbang Daulay MA sebagai WR IV, Selasa (18/7/2022) di kampus UIN Sumut di Tuntungan. Pelantikan tersebut dihadiri WR I, Prof. Dr. Hasan As’ary MA, WR II, Dr. Hj. Hasnah Nasution MA, WR III, Dr. Nisful Khairi, MA, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH), Dr. H. Ardiansyah MA, Dekan Fakultas Saintek, Dr. M. Syahnan Nasution, MA, Wakil Dekan II FTIK, Dr. Marasamin Lubis, M. Ed dan sejumlah pejabat  UIN Su,mut lainnya.

Program kerjasama dengan Pemkab yang dimaksud Prof. Syahrin adalah  dengan mengimbau dan mengajak Pemkab untuk memberikan beasiswa kepada  pegawai Pemkab dan putra putri daerah untuk kuliah di UIN Sumut.  “ Karena nanti mereka akan mengabdi ke daerahnya masing-masing, “ kata Prof. Syahrin, yang juga ulama, cendikiawan dan intelektual Mjuslim  kebanggaan masyarakat Sumatera JUtara itu.

Prof. Syahrin menguraikan, setiap Wakil Rektor memiliki tugas khusus selain  Tugas Pokok dan Fungsinya (Tupoksi). Misalnya, kata Prof. Syahrin, selain tugas pokok pengembangan, penelitian dan pengabdian, WR I dibabankan tugas khusus untuk memberhasilkan akreditasi  intitusi. “ Tahun ini, UIN Sumut harus mendapatkan akreditasi unggul, “ cetus Prof. Syahrin.

Sedangkan WR II, selain tugas pokok Administrasi Umum dan Keuangan (AUK), juga diberi tugas khusus dalam hal pengelolaan tata kelola Badan Layanan Umum (BLU). Sampai saat ini, tata kelola BLU di UIN Sumut dianggap berhasil. Bahkan, UIN Sumut mendapat  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam hal pengelolaan keuangan.

Untuk WR III diberi tugas khusus untuk meningkatkan mahasiswa berperestasi baik dalam dan luar negeri. Selama ini, mahasiswa UIN Sumut telah berhasil berperestasi di tingkat Nasional dan Internasional.  Kecuali itu, WR III juga harus bisa membentuk peraturan dan organisasi kemahasiswaan.“ Menyongsong 50 Tahun UIN Sumut ini, semua lini harus meningkatkan perestasi, “ tambah Prof. Syahrin.

Dr. Maraimbang Daulay MA menyebutkan siap melaksanakan tugas dan jerja khusus yang diberikan  Rektor. Mulai hari ini, kata Maraimbang, pihaknya sudah mulai memperisiapkan hal-hal yang diperlukan untuk menyikapi cita-cita Rektor itu. “ Saya sudah siap dan bekerja sungguh-sungguh, “ uangkap Maraimbang.

Capaian Maraimbang menjadi WR IV UIN Sumut ini, merupakan lompatan karir yang mengejutkan. Sebab, dalam priode Prof. Syahrin ini, Maraimbang dua kali menduduki jabatan strategis, yaitu Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) dan Wakil Rektor IV. Selamat deh untuk Pak Maraimbang. Tar