Prof. Hasyim Ketua Pansel, Wirman dan Suhery Maju Jadi Dekan FIS UIN Sumut

Gardamedannews.com- MEDAN- Jabatan Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Medan, makin seksi. Setelah Prof. Katimin menyatakan maju, kini muncul dua nama lagi yang juga layak memimpin FIS UIN Sumut, yaitu, Dr. Wirman Tobing dan Dr. Suhery Harahap. Kedua nama ini muncul dalam diskusi kecil di kafe-kafe sekitaran jalan Pancing Medan.

Dua nama ini disebut-sebut akan ikut mendaftarkan diri menjadi calon Dekan FIS UIN Sumut. Sebab, keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Dr. Wirman Tobing misalnya, memiliki pengalaman bisnis, karena sampai saat ini ia tercatat masih menjadi Kepala Pusat Pengembangan Bisnis (Pusbangnis) UIN Sumut. Sedangkan, Dr. Suhery Harahap adalah dosen di FIS UIN Sumut yang memiliki pengalaman di bidang politik.

Memang, wartawan belum berhasil mengkonfirmasi keduanya, namun menurut rekan-rekan dekat keduanya, bisa dipastikan keduanya tak mau kalah, dan akan ikut mendaftar menjadi calon Dekan FIS UIN Sumut.

Rahman YZ, Marasamin dan Arifuddin Bertarung Jadi Dekan FIS UIN Sumut
Rahman YZ, Marasamin dan Arifuddin disebut-sebut calon Dekan FIS UIN Sumut

Menanggapi banyaknya peminat Dekan FIS UIN Sumut ini, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Dr. Muhammad Yafiz tak mau berkomentar. Bahkan, ia menyatakan tak ada keberpihakan terhadap nama-nama calon yang muncul. “ Tapi, saya melihat semua calon itu punya kesempatan dan peluang yang sama, “ kata Yafiz kepada wartawan, Kamis (28/7/2022) melalui sambungan seluler.

Kabar terakhir yang diterima wartawan, Panitia Seleksi (Pansel) Dekan FIS UIN Sumut sudah terbentuk, dan pendaftaran akan dibuka pada Senin (1/8/2022). Kali ini, menurut sumber, Pansel diketuai Prof. Hasyim Sah dan Sekretaris Kepala Biro, Khairunnas. Banyak yang meyakini, Pansel ini akan bekerja lebih selektif dan profesional, sesuai arahan Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, MA.

Seperti yang diberitakan sebelumnya,Dekan FIS sekarang memang masih kosong, seetalah Dekan sebelumnya Dr. Maraimbang Daulay MA, diangkat menjadi Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama.

Tapi, baik di kantin dalam kampus dan kafe-kafe sekitar Jalan Pancing Medan, perbincangan tentang siapa yang akan menduduki jabatan Dekan FIS, terus berkembang dan makin panas. Masing-masing “pengamat” dadakan itu memberikan argumen untuk mendukung calonnya. Bahkan, seperti yang terlihat di sebuah kafe sekitaran komplek MMTC Jalan Pancing Medan, ada “supporter” yang sampai matanya melotot dan mengepalkan tangan membela idolanya. Padahal, kalau pun calonnya terpilih, ia tak mendapat apa-apa.

Dari hasil “diskusi” panas di kafe-kafe itu, ada beberapa nama yang disebut-sebut akan mendaftarkan diri menjadi calon Dekan FIS UIN Sumut. Antaranya, Dr. Rahman YZ, MA, Dr. Marasamin Lubis M.Ed, Dr. Arifuddin Muda Harahap, M.Hum, Dr. Ansyari Yamamah, MA, Dr. Zainul Fuad, dan Dr. Sori Monang.

Semua nama-nama yang disebut itu, kini menduduki jabatan struktural di berbagai Fakultas. Makanya, untuk menguji nyali dan kesungguhan para calon, pimpinan UIN Sumut berncana mewacanakan bahwa setiap pendaftar calon Dekan FIS UIN Sumut, harus mundur dari jabatan yang dijabatnya sekarang. “ Wah…makin seru ini, “ kata salah seorang dosen UIN Sumut yang mengikuti “debat” tak resmi di kafe-kafe itu.

Di setiap kantin dan kafe yang dikunjungi wartawan media ini, muncul nama-nama favorit calon kuat Dekan FIS dengan berbagai alasan yang mendukungnya. Ada tiga nama di peringkat atas, yaitu, Rahman YZ, Marasamin, dan Arifuddin. Rahman YZ misalnya, diunggulkan karena memiliki wawasan luas dan sikap tegas. Selain itu, Rahman juga sebentar lagi akan menyandang gelar Guru Besar atau Profesor.

Sedangkan Marasamin dinilai memiliki pengalaman dalam bidang kepemimpinan di Fakultas. Sebab, sekarang Marasamin menjabat Wakil Dekan II di Fakultas Ilmun Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Sumut. Sementara itu, Arifuddin digadang-gadang memiliki skill khusus mampu meredam masalah dan sangat paham dengan permasalahan mahasiswa.  Apalagi, Arifuddin sekarang menjabat Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum (FSH).

Lalu, siapa yang akan berhasil ? Tentu tak ada yang berani memastikannya. Sebab, Pansel memiliki aturan dan cara tersendiri dalam menjaring kemampuan para calon untuk menjadi Dekan FIS. Namun, apa pun hasil penilaian Pansel, akan menjadi pertimbangan sendiri bagi Rektor UIN Sumut untuk menetapkan dan mengangkat Dekan FIS. Kita tunggu aja Bro. Tar