Rektor UIN Sumut dan Kedubes Malaysia Sepakat Kembangkan Wahdatul Ulum

Gardamedannews.com-MEDAN-  Konsep integritas keilmuan Wahdatul Ulum yang digagas Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap MA, mulai mendunia. Setidaknya, ini terlihat dalam pembicaraan Prof. Syahrin dengan utusan Kedubes Malaysia yang berkunjung ke kampus UIN Sumut Jalan Williem Iskandar Medan, Jumat (29/7/2022) siang.

Menurut Prof. Syahrin, Kedubes Malaysia menjelaskan bahwa saat ini di negara jiran itu sedang viral konsep Wahdatul Ulum, terutama di Universitas Islam Antar Bangsa, Malaysia. Karenanya, Prof. Syahrin menyambut baik kedatangan Kedubes Malaysia itu dan secepatnya akan menjalin kerjasama dengan Malaysia.

Rektor UIN Sumut dan Kedubes Malaysia Sepakat Kembangkan Wahdatul Ulum
Kedubes Malaysia, Prof. Syahrin dan WR IV Dr. Maraimbang Daulay

Kejasama yang dimaksud, antaranya, pertukaran mahasiswa UIN Sumut dengan Universitas Islam Antar Bangsa Malaysia. Demikian juga pertukaran tenaga pengajarnya. Pihak-pihak di Malaysia terutama Kedubes juga akan mempromosikan UIN Sumut sampai ke negara-negara di Asia Tenggara. Sedangkan UIN Sumut akan mnemberikan uang kuliah terendah untuk semua mahasiswa yang berasal dari Malaysia. Dan, Kedubes Malaysia terkejut mendengar ini

“ Uang kuliah terendah itu adalah Rp. 400 ribu/semester. Jadi semua mahasiswa UIN Sumut yang berasal dari Malaysia akan dibebankan uang kuliah sebesar itu, “ kata Prof. Syahrin. “ Kita juga akan memberikan kemudahan kepada mahasiswa luar negeri terutama Malaysia dalam hal imigrasi dan perpanjangan Visa, “ tambahnya.

Selain itu, Prof. Syahrin dan Kedubes Malaysia sepakat kerjasama dalam bidang riset, publikasi, dan kerjasama dialog seperti seminar dan lainnya. Pihak Malaysia menyatakan kesiapannya dan akan ditindaklanjuti secepatnya.

Dsalam pertemuan silatrurrahmi itu, Prof. Syahrin didampingi Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama, Dr. Maraimbang Daulay MA, dan pejabat lainnya. Tar