Prof. Rahman YZ Selangkah Lagi akan Jadi Dekan FIS UIN Sumut

Akademik, Kampus, Mahasiswa2621 Dilihat

Gardamedannews.com- MEDAN- Hanya tinggal selangkah lagi, Prof. Dr. Abdurrahman M. Pd atau Rahman YZ akan menjadi Dekan defenitif Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan. Berdasarkan hasil rapat Panitia Seleksi, diputuskan Prof. Abdurrahman meraih nilai tertinggi (383,5).

Nilai itu adalah hasil wawancara Panitia Seleksi terhadap delapan kandidat Derkan FIS UIN Sumut yang berlangsung pada 5 Agustus 2022 lalu. Sesuai dengan pengumuman Nomor:026/Pansel/VIII/2022 yang ditandatangani Prof. Hasyim Syah (Ketua) dan Khairunnas (Sekretartis), nilai tertinggi diraih Prof. Abdurrahman. Kemudian disusul Dr. Anang Anas Azhar (379), Prof, Katimin (377,5), Dr. Suhery Harahap (369,5), Dr. Sahdin Hsb (369,5), Dr. Muhammad Husni Ritonga (367,5), Dr. Sorimonang (361), dan Dr. H. Indra (358).

Hasil akhir seleksi ini iserahkan kepada Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap, MA untuk dijadikan bahan pertimbangan dalam memutuskan dan menetapkan Dekan FIS UIN Sumut. Seperti biasanya, sebagai Rektor yang kerap memegang konstitusi, Prof. Syahrin akan tetap berpedoman terhadap peraih nilai tertinggi yang akan ditetapkan sebagai Dekan FIS UIN Sumut.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, ada yang menarik dari delapan kandidat Dekan FIS UIN Sumut itu. Jika dilihat dari basicnya, ternyata semua calon berbasic Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah. Dari Fakukultas Dakwah, Prof. Dr. Abdurrahman M.Pd, Dr. Husni Ritonga, Dr. Anang Anas Azhar, dan Dr. Sahdin Hasibuan. Sedangkan dari Fakultas Ushuluddin, Prof. Dr. Katimin, Dr. H. Indra, Dr. Suhery Harahap, dan Dr. Sorimonang.

Diskusi bebas alumni dan mahasiswa UIN Sumut di kafe-kafe sekitaran Jalan Pancing Medan, kini memiliki kesimpulan yang beragam. Melihat kenyataan Fakultas Ushuluddin dan Fakultas Dakwah yang ngotot, muncul berbagai rumor. Ada yang mengatakan, karena FIS awalnya “pemecahan” dari Fak. Dakwah, maka intelektual dari Fak. Dakwah yang paling berhak memimpin FIS UIN Sumut.

Sedangkan  “pasukan” Ushuluddin punya alasan lain. Dekan sebelumnya, Dr. Maraimbang Daulay MA, berasal dari Ushuluddin, maka penggantinya harus dari Ushuluddin juga. Kendati rumor itu terus berkembang, tetapi kedua kubu yang “bersitegang” urat syaraf, tetap sepakat bahwa intelektual, wawasan dan leadership yang dimiliki kandidat yang akan menentukan siapa yang berhak menjadi Dekan FIS UIN Sumut.

Namun, dari segi personal, diskusi di kafe-kafe itu masih menempatkan Prof. Dr. Abdurrahman M.Pd alias Rahman YZ difavoritkan di posisi teratas yang sangat berpeluang menjadi Dekan FIS UIN Sumut. Disusul Prof. Katimin dan Dr. Sahdin Hasibuan. Alasannya beragam. Rahman YZ dinilai memiliki loyalitas tinggi dan memang sosok pekerja keras serta bersungguh-sungguh dalam mengemban amanah.

Plus, Rektor UIN Sumut, Prof. Dr. H. Syahrin Harahap MA kerap berdiskusi dengan Rahman YZ. Selain itu, Prof. Syahrin juga sempat “menitipkan” langkah-langkah prioritas dan program utama dalam mengembangkan FIS UIN Sumut, kepada Rahman YZ.  Dan, semua itu sudah terekam dalam benak Rahman YZ. Tar