Prof Katimin: Rakyat Indonesia Bergairah Menyongsong 2024

Gardamedannews.com- MEDAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah membuka pendaftaran Partai Politik (Parpol) Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terhitung mulai hari Senin, 1 Agustus dan terakhir Minggu, 14 Agustus 2022. Selama dua minggu dibuka pendaftaran Parpol, ada sebanyak 40 Parpol yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu.

Guru Besar Politik Islam Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara Medan, Prof. Katimin melihat proses pendaftaran parpol yang dilaksanakan selama 14 hari itu sebagai bentuk ketegasan dan komitmen KPU dalam menjalankan kinerjanya tanpa melakukan perpanjangan pendaftaran partai politik peserta Pemilu 2024.

“KPU sudah menunjukkan komitmen dan ketegasannya dalam menjalankan tahapan pemilu 2024 dengan tidak memperpanjang masa pendaftaran” kata Prof. Dr. Katimin, Senin (15/8/2022) .

Dari data yang dirilis KPU bahwa parpol yang mendaftar sebagai peserta pemilu 2024 sebanyak 40 parpol. “Dengan mendaftarnya 40 parpol ini sebagai peserta pemilu 2024, menunjukkan bahwa rakyat Indonesia sangat bergairah dan bersemangat dalam mengikuti politik praktis” tambahnya.

Di sisi lain Prof. Dr. Katimin melihat banyaknya Parpol yang mendaftar menjadi peserta pemilu 2024, ini menunjukkan sebagai suatu bentuk ketidakpuasan terhadap Parpol yang ada.

“Banyaknya parpol yang mendaftar menjadi peserta pemilu 2024 ini menunjukkan ketidakpuasan rakyat Indonesia terhadap Parpol yang ada, sehingga memilih untuk mendaftarkan Parpol yang baru” ungkap Prof. Katimin.

Melihat dinamika menjelang pemilu 2024, kata Prof. Katimin, banyak fenomena tokoh-tokoh yang pindah partai. Prof. Katimin melihat ini fenomena yang biasa terjadi dalam dinamika politik.

“Dalam politik berpindah partai sudah menjadi hal yang lumrah. Sah-sah saja dalam dinamika politik yang ada. Partai-partai baru yang mendaftar ke KPU diisi oleh tokoh-tokoh yang dulunya aktif di partai lama, “ pungkasnya. Red