Kementerian PUPR dan UIN Sumut Kerjasama Pengelolaan Persampahan

Akademik, Nasional, Style1322 Dilihat

Gardamedannews.com- MEDAN- Kementerian Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PU-PR) RI melalui Satuan Kerja (Satker) PKP Wilayah II Sumatera Utara dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, Medan, menjalin kerjasama dalam bidang Pelatihan Vokasi Pengelolaan Persampahan  (TPS-3R). Pelatihan sesi kelima ini dibuka Ka. Satker PKP Kemen PU-PR Wilayah II Sumut Poppy Pradianti Hastuti, ST mewakili Kepala Balai PKP Wilayah II Sumut, Senin (5/12/2022) di Hotel Grand Kanaya Medan.

“ Mudah-mudahan pelatihan ini berjalan dengan baik serta menghasilkan output dan outcome yang benar-benar dapat terimplentasi pasca pelatihan nanti,” kata Poppy saat membuka pelatihan, yang diikuti 90 peserta dari OPD Kota Binjai dan Tanjung Balai.

Ketua Panitia Pelatihan, Dr. Solahuddin Harahap, MA mengatakan, pelatihan ini merupakan sesi kelima atau terakhir, yang diawali sejak awal Nopember 2022. Bagi UINSU sendiri kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari komitmen UINSU untuk turut aktif dalam upaya pemberdayaan masyarakat lewat salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian  Kepada  Masyarakat (PKM).

Tempat pengelolaan sampah

Menurut Solahuiddin, Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) di kawasan wisata merupakan sistem pengelolaan dan teknologi pengolahan sampah yang dimaksudkan sebagai solusi dalam mengatasi persoalan sampah dan dampak yang ditimbulkannya, khususnya di kawasan wisata. Melalui TPS3R ini, tidak hanya persoalan pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh sampah yang dapat dikurangi, namun juga dihasilkan produk-produk yang bernilai ekonomis dari sampah yang diolah tersebut.

Selain itu, jelas Solahuddin, Teknologi  TPS3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam di lahan sekitar TPS untuk dijual. Selain itu untuk meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing (kascing). Hasil pengolahan tanki biodigester berupa gas akan digunakan untuk supply energi di warga sekitar TPS 3R.

Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Pembinaan Lembaga UIN SU Dr. Maraimbang Daulay, MA, mewakil Plt. Rektor UINSU memyampaikan arahan dan bimbingan kepada para peserta Pelatihan. Maraimbang berharap agar pelatihan ini benar-benar dapat menjadi wajud dari keinginan masyarakat untuk secara serius dan tulus mengelola persampahan demi lingkungan yang bersih dan sehat serta demi diveraifikasi peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat pengelolaan persampahan. Tar